SOCIAL MEDIA MARKETING

Bisnis Online xibdpsmkn1batang: by aj
Social media marketing

PENGETYIAN SOCIAL MEDIA

Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Media sosial merupakan alat promosi bisnis yang efektif karena dapat diakses oleh siapa saja, sehingga jaringan promosi bisa lebih luas. Media sosial menjadi bagian yang sangat diperlukan oleh pemasaran bagi banyak perusahaan dan merupakan salah satu cara terbaik untuk menjangkau pelanggan dan klien.

Jenis-Jenis Media Sosial

Kotler dan Keller mengemukakan terdapat tiga platform utama dalam media sosial, yakni:

  • Online Communities And Forums
    Ada berbagai bentuk dan ukuran komunitas online dan forum, yang mana banyak dibuat oleh pelanggan atau kelompok pelanggan tanpa ada bunga komersial ataupun afiliasi perusahaan. Beberapa komunitas online dan forum ini didukung oleh perusahaan yang anggotanya berkomunikasi dengan perusahaan dan satu sama lain dengan lewan posting, instant, messaging, dan juga chatting yang berdiskusi tentang minat khusus yang dapat berkaitan dengan produk perusahaan dan merek.
  • Blogs
    Ada sekitar 3 juta pemakai blog dan mereka sangat bervariasi, sebagian dalam bentuk blog priadi untuk teman-teman dekat dan keluarga, dan juga yang lainnya dibuat untuk menjangkau dan mempengaruhi khalayak luas.
  • Social Networks
    Jaringan sosial sudah menjadi kekuatan yang utama baik pada bisnis konsumen dan juga pemasaran bisnis ke bisnis. Salah satunya adalah facebook, messanger, twitter dan lain-lain. Jaringan yang berbeda itu menawarkan manfaat yang berbeda untuk perusahaan.

Menurut Puntoadi (2011:34), terdapat beberapa jenis atau macam media sosial, antara lain yakni:

  • Bookmarking
    Bookmarking menawarkan peluang untuk menshare link dan tagh yang menjadi minat. Hal itu memiliki tujuan supaya setiap orang dapat menikmati yang kita sukai.
  • Contenc Sharing
    Melalui situs content sharing tersebut orang membuat berbagai media dan publikasi untuk berbagi kepada orang lain. Youtube dan Flickr adalah situs content sharing yang serinkali dikunjungi oleh banyak orang.
  • Wiki
    Sebagai situs yang mempunyai beragam karakteristik yang berbeda seperti situs knowledge sharing, wikitravel yang mempunyai fokus terhadap informasi tempat, dan konsep komunitas lebih eksklusif.
  • Flickr
    Situs milik Yahoo ini adalah situs khusus dalam berbagi image sharing dengan kontributor yang ahli pada masing bidang fotografi diseluruh dunia. Flickr membuat photo catalog yang masing-masing produk dapat dipasarkan.
  • Social Network
    Kegiatan yang memakai fitur yang disediakan oleh situs tertentu menjadil suatu hubungan, interaksi dengan sesama. Situs sosial networking itu antara lain Linkedin, facebook dan My Space.
  • Creating Opinion
    Media sosial ini menawarkan sarana untuk berbagi pendapat dengan orang lain di seluruh dunia. Melalui creating opinion, seluruh orang dapat menjadi penulis, jurnasil dan juga komentator.

Kaplan dan Haenlien juga mengemukakan jenis-jenis media sosial antara lain:

  • Konten
    Pengguna situs ini memberikan klik pada setiap konten saham konten media, seperti gambar, video, ebook dan lain sebagainya.
  • Proyek Kolaborasi
    Situs ini memungkinkan pemakai dapat mengubah, menambah, maupun menghapus suatu konten sedikit yang tersedia di website. Seperti Wikipedia
  • Blog dan Microblog
    Pemakai bebas dalam mengekspresikan suatu hal seperti ventilasi atau mengkritik kebijakan pemerintah. Contohnya adalah Twitter.
  • Virtual Game World
    Virtual adalah dunia yang membuat pemakainya merasa hidup maya, seperti dunia game yang virtual berinteraksi dengan orang lain. Tetapi dunia virual sosial lebih luas dan lebih mengarah pada kehidupan seperti second life.

Media sosial yang paling aktif di Indonesia diantaranya;

  1. Facebook
  2. Google+
  3. Twitter
  4. Instagram
  5. Pinterest

1. Facebook

Facebook adalah salah satu jenis social media yang paling powerful. Selain memiliki lebih dari satu milyar pengguna, Anda juga bisa mengupload konten berupa teks, gambar, video dan link.

Bayangkan hanya dalam waktu 20 menit, pengguna media sosial Facebook mampu membagikan 1 juta link!

Peran Facebook tidak hanya sebagai media marketing saja, tetapi juga sebagai sarana bagi Anda untuk berkomunikasi dengan customer.

Melalui Facebook mereka bisa mengetahui bisnis Anda lebih detail.

Oleh karena itu, hampir semua jenis usaha memerlukan akun Facebook karena social media ini memberikan tempat untuk Anda berkomunikasi secara jelas kepada pembaca.

Komunikasi tersebut dapat berupa gambar, link, informasi teks, video, dan lain-lain.

Apabila Anda memiliki Facebook page, Anda juga beriklan untuk mempromosikan konten Anda kepada jenis pembaca yang tepat.

2. Twitter

Berbeda dengan Facebook, jenis media sosial yang satu ini berbasis micro blogging dengan konten yang terbatas, hanya 140 karakter.

Bagi sebuah bisnis, peranan media sosial Twitter lebih cocok digunakan untuk membagikan informasi terkini, update, pertanyaan, polling dan opini kepada customer.

Twitter adalah cara bagi Anda untuk terhubung dengan customer secara cepat.

Jadi apabila misalnya usaha Anda berupa platform berita yang ingin membagikan informasi secara cepat kepada pembaca, Twitter bisa menjadi social media yang tepat.

3. Instagram

Jika bisnis Anda memerlukan social media yang banyak menggunakan konten gambar dan video, maka Instagram adalah jenis social media yang tepat.

Selain untuk menunjukan kegiatan bisnis dalam bentuk gambar dan video berdurasi hingga 60 detik, informasi lain pun bisa ditambahkan melalui caption dan #hashtag yang tersedia.

Instagram banyak sekali digunakan oleh online shop karena mereka dapat dengan mudah memajang barang dagangan mereka kepada jutaan pelanggan.

Jadi, apabila Anda merasa jenis bisnis Anda tidak bisa dipromosikan melalui gambar atau video, sebaiknya Anda jangan terlalu banyak membuang waktu menggunakan Instagram (walaupun tetap disarankan Anda memiliki akun-nya).

4. Google+

Jenis media sosial yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang ingin memperoleh peringkat terbaik dalam mesin pencari Google.

Sebagai pemilik bisnis online, Anda pasti memiliki website yang harus menduduki posisi teratas.

Karena Google+ dan Google Search Engine adalah milik Google, maka sudah pasti website yang membagikan konten melalui Google+ akan lebih diutamakan.

Oleh karena itu sebaiknya gunakan Google+ sebagai penunjang SEO website bisnis.

5. Pinterest

Jika customer bisnis Anda didominasi oleh kaum wanita, maka Pinterest akan menjadi media sosial yang tepat!

Pinterest memungkinkan Anda untuk mengunggah konten berupa foto dan video ke dalam pinboard.

Peranan media sosial ini sangat cocok untuk strategi marketing yang mengutamakan visual image seperti wedding organizer, agen wisata, interior designfashion, dan makanan.

Demikian sekilas materi social media marketing yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

TUGAS!

Tuliskan alamat social media yang anda punya!

Contoh penulisan alamat medsos:

Kirim jawaban anda to: xipm2018smkn1batang@gmail.com

Dengan subject: Sosmedmar nama anda kelas no abs

Diterbitkan oleh agusjuwahir001

Teacher

3 tanggapan untuk “SOCIAL MEDIA MARKETING

Tinggalkan Balasan ke Hasan Batalkan balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web Anda di WordPress.com
Mulai
%d blogger menyukai ini: